20 Warga Desa Rancaputat Terima Bantuan Perbaikan Rutilahu

By Reaksi Nasional 19 Sep 2019, 14:13:26 WIBJabar dan Banten

20 Warga Desa Rancaputat Terima Bantuan Perbaikan Rutilahu

Keterangan Gambar :


Oleh Jamaludin

REAKSI CIREBON – adanya bantuan untuk renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dengan memiliki tempat tinggal yang layak.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan untuk renovasi Rutilahu di Desa Rancaputat, Majalengka, dengan mengusulkan 25 Desa  dan yang terealisasi 24 Desa dengan total penerimaan bantuan sebanyak 780 orang.

Koordinator fasilitator Kabupaten Majalengka, Yayan Kusyanto ST mengatakan, untuk kegiatan rutilahu khusunya bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat untuk anggaran tahun 2019, prosedurnya memang dari awal 2018 sudah ada pengajuan proposal usulan dari tiap-tiap desa seluruh Jawa Barat, khusus untuk di majalengka proposalnya dalam bentuk usulan online sama dalam bentuk hard copy online melalui BAPPEDA Provinsi Jawa Barat.

“Tahun 2019 alhamdulillah untuk Majalengka dari usulan 25 desa, yang teralisasi 24 desa dengan total penerima bantuan 780 orang, untuk Rancaputat sendiri, ada 20 penerima bantuan dengan nilai Rp 350 juta, berarti tiap orang itu mendapatkan Rp 17,5 juta, dimana bantuan tersebut dalam bentuk barang  sebesar Rp 16,5 juta, dalam bentuk bantuan upah kerja Rp700 ribu, dan untuk Rp 300 ribu alokasi untuk administrasi LPM sebagai pengelolah,” terangnya kepada media, Kamis (19/9/19).

Ia juga mengatakan, semuanya dilaksanakan secara transparan melalui musyawarah desa, yang dihadiri perangkat desa, tokoh masyarakat, LPM, fasilitator, serta semua calon benerima bantuan pun dihadirkan.

“Bagaimana program itu dilaksanakan, terkait juklak-juknisnya, terkait besaran biaya, kebutuhan barang semua dibicarakan tidak ada yang ditutup-tutupi. Dan akan dilaksanakan segera, karena  dananya sudah masuk ke rekening LPM,” ujarnya.

Harapannya,  ketika mereka sudah sanggup untuk mengikuti aturan juklak dan juknis berdasarkan peraturan pemerintah dan peraturan menteri PUPR teknisnya, rumah yang mereka miliki menjadi rumah yang layak huni, yang aman, karena keselamatan bangunannya terpenuhi, dan juga merupakan hak masyarakat sebagai warga negara untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Sementara itu dari pihak LPM Ajun  menyampaikan, Desa Rancaputat terdapat 20 orang yang menerima bantuan perbaikan rutilahu, untuk yang pertama mendapatakan bantuan rutilahu itu 10 orang, dan 10 orang sisanya dilaksanakan setelah selesainya 10 orang sebelumnya.

“Kenapa 10 orang dulu, agar memudahkan monitoring, supaya kami pihak yang terlibat dapat mengetahui kegiatan ini dapat berjalan kondusif atau tidak. Dan untuk 10 orang lagi itu menunggu setelah selesainya 10 orang agar hasilnya dapat maksimal,” jelasnya. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment