Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Gintung Kidul Lakukan Penyemprotan Desinfektan

By Reaksi Nasional 26 Mar 2020, 14:15:24 WIBJabar dan Banten

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Gintung Kidul Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Keterangan Gambar : Pemerintah Desa (Pemdes) Gintung Kidul, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Lakukan Penyemprotan Desinfektan


OLEH Jamaludin

REAKSI CIREBON–Pemerintah Desa (Pemdes) Gintung Kidul, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, melakukan penyemprotan desinfektan sebagai salah satu langkah konkrit untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Penyemprotan desinfektan yang dimulai pukul 08.00 pagi, Kamis (26/3/20), sasaran utama dari penyemprotan desinfektan tersebut yakni fasilitas umum seperti Masjid, Mushollah, Sekolahan dan lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Ciwaringin, Puskesmas, Camat Ciwaringin, Danramil Dan Kapolsek Ciwaringin.

Kuwu Desa Gintung Kidul, Kadmina mengatakan, penyemprotan desinfektan yang dilaksanakan Pemdes Gintung Kidul merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona.

“Penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan oleh desa Gintung Kidul dimulai jam 08.00 pagi dan alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar. Dan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Ciwaringin, Puskesmas, Camat Ciwaringin, Danramil dan Kapolsek Ciwaringin,” ungkapnya.

Menurutnya, inti daripada penyemprotan massal tersebut berdasarkan himbauan dari pemerintah pusat, baik Provinsi maupun Kabupaten untuk antisipasi penyebaran virus corona. “Kami Desa Gintung Kidul, pada hari ini (Kamis, 26/3/20)sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat ataupun Daerah dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, untuk sasaran utamanya yaitu tempat ibadah, lembaga pendidikan diantaranya SD, Madrasah, TK, dan TPQ dan juga mushollah. “Karena di desa Gintung Kidul banyak mushollah yaitu ada 19 mushollah dan 2 Masjid, jadi jumlah keseluruhan yaitu 21 tempat ibadah, dan alhamdulillah pada hari ini sedang berjalan,” katanya.

Menindak lanjuti surat edaran dari Bupati Cirebon yang terdapat empat poin yang harus dilaksanakan, pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait virus corona tersebut. “Bahkan kemarin juga, pihak desa sudah melaksanakan selebaran untuk RT RW, untuk lembaga pendidikan dan fasilitas umum, yang intinya apa yang kita lakukan ini untuk antisipasi virus corona tersebut sesuai dengan protokol dari Pemkab,” paparnya.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Desa Gintung Kidul untuk bersama-sama cegah penyebaran virus corona sesuai dengan protokol dari Pemkab, agar Desa Gintung Kidul ini bebas dari penyakit corona.

“Sementara ini untuk Gintung Kidul masih aman terbebas dari virus corona, mudah-mudahan Desa Gintung Kidul ini sampai selanjutnya tidak ada masyarakat yang terjangkau atau tidak ada masyarakat yang terkait dengan virus corona,” ungkapnya.

Sesuai dengan anjurran dari pemerintah, dirinya juga menyampaikan, setiap kegiatan baik yang menyangkut agama dan lainnya masyarakat bisa toleransi dan masyarakat pun dapat mengatasinya. Kegiatan apapun yang melibatkan lebih dari 20 orang dapat teratasi.

“Bagi pendatang yang ke Gintung Kidul, sesuai dengan tupoksi maka bagi pendatang kami juga meminta agar segera melapor ke pihak RT, dan masyarakat kami yang baru datang dari luar negeri pun kami deteksi, karena kami juga bekerja sama dengan lembaga, RT RW, dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, perlengkapan maupaun bahan-bahan untuk membuat cairan desinfektan sendiri menggunakan anggaran swadaya, karena anggaran baik DD Banprov dan ADD belum turun. Tetapi demi kesehatan masyarakat maka pihaknya dengan ikhlas untuk menggunakan dana swadaya untuk membeli perlengkapan tersebut.

Harapannya, dengan adanya penyemprotan desinfektan ini desa Gintung Kidul dapat terhindar dan dijauhkan dari virus corona dan masyarakatnya tetap sehat. Dan semoga desa Gintung Kidul lebih baik lagi, dan lebih sehat lagi. 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • DeannaZer

    As I could (purely I take a unrepresented lab buy generic viagra cores to open to ...

    View Article
  • no prescription pharmacy canada

    <a href="http://canadianonlinepharmacyph.com/">c anadian pharmacy</a> ...

    View Article
  • Bobbyquarp

    pharmacy online no prescription <a ...

    View Article
  • prescription drugs online without

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">no 1 canadian pharcharmy ...

    View Article