Crossing Penghubung tak Berfungsi karena Tertutup Dinding Saluran U-ditch Beton

By Reaksi Nasional 17 Okt 2019, 10:59:31 WIBMegapolitan

Crossing Penghubung tak Berfungsi karena Tertutup Dinding Saluran U-ditch Beton

Keterangan Gambar : Crossing penghubung yang tertutup dinding saluran U-ditch beton, Kamis (17/10/2019).


Oleh Maulen Munthe & Khairuddin Sinambela

REAKSI JAKARTA -  Miliaran rupiah anggaran digelontorkan pemerintah propinsi DKI Jakarta untuk proyek pembangunan saluran air U-ditch beton baru di jalan Kepa Durimas komplek perumahan Taman Ratu, Blok JJ RT 011 RW 11, Kelurahan Durikepa Kecamatan Kebun Jeruk, Kota Administrasi Jakarta Barat. Tapi hasil pekerjaannya dinilai masih tergolong amburadul atau asal jadi.

Penilaian miring itu muncul karena crossing penghubung tertutup dinding saluran air U-ditch beton. Akibatnya, crossing penghubung sama sekali tidak bermanfaat atau berfungsi. Padahal anggaran untuk pengadaan crossing penghubung itu cukup besar. 

Pantauan Reaksi di lapangan, Kamis (17/10) siang terlihat jelas, crossing penghubung sama sekali tidak berfungsi dan bermanfaat, akibat tertutup dinding saluran air  U-ditch beton. Hal itu menjadi bahan pembicaraan warga sekitar.

“Dalam hal ini patut diduga petugas pengawas Sudin Bina Marga Jakarta Barat, serta konsultan pengawas, sama sekali tidak berfungsi. Mereka diduga dengan sengaja membiarkan kontraktor PT Mulia Graha Parulian (MGP) bekerja sesukanya sehingga proyek  pemasangan U-ditch beton amburadul asal jadi,” kata sumber Reaksi di lokasi proyek.

Di lokasi Reaksi berbincang dengan beberapa warga sekitar yang tidak berkenan ditulis namanya. Mereka mengatakan  untuk apa membangun crossing penghubung kalau tidak bermanfaat dan fungsi.

“Coba wartawan Reaksi Nasional melihat sendiri. Mulai bulan November sampai Desember nanti kalau sudah musim penghujan, daerah ini sudah pasti akan tergenang banjir, soalnya crossing penghubung tidak berfungsi akibat tertutup dinding saluran air U-ditch beton baru,” ucapnya.

Riswan Effendi, Kasudin Bina Marga Jakarta Barat, ketika hendak dikonfirmasi Reaksi di kantornya, Kamis (17/10) tidak ada di tempat. Yanti sekretaris Kasudin mengatakan, pimpinannya tidak ada  di ruangan kerjanya.

“Terkait kegiatan proyek pembangunan pemasangan crossing penghubung tertutup dinding saluran U-ditch beton baru, bukan kapasitas saya untuk menjawab. Wartawan  silakan tanyakan langsung kepada Kepala Seksi Pembangunan, pak Turmudi, beliau yang mengetahuinya,” tuturnya.

Di ruangan sama, Turmudi, Kepala Seksi Pembangunan  Sudin Bina Marga, ketika hendak dikonfirmasi  Reaksi ternyata tidak ada di ruangannya. Salah satu stafnya mengatakan, Turmudi sudah keluar kantor.

“Lihat saja meja kerjanya kosong,” katanya. Saat Reaksi menghubungi melalui WhatsApp tidak ada respon, walaupun handphonenya dalam keadaan aktif. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Presto Dinero Bajo Interes 31 Okt 2019, 08:31:58 WIB

    Prestamos De Dinero Rapido Y Seguro Cuota Prestamo Personal https://prestamosonline.space/marquette-mi/ Credil Prestamos Tasa Para Prestamos Personales

View all comments

Write a comment