Disparbud Jabar Gelar Riksa Budaya Tematik

By Reaksi Nasional 07 Okt 2019, 14:58:40 WIBRagam

Disparbud Jabar Gelar Riksa Budaya Tematik

Keterangan Gambar :


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Pemprov Jabar melalui Disparbud Jabar  menggelar Riksa Budaya Tematik dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Jabar 2019. 

Event ini merupakan turunan dari event nasional yaitu Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang untuk pertama kalinya di gelar di Jakarta mulai tanggal 7- 13 Oktober 2019  yang akan datang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, Pemprov Jabar merupakan Provinsi yang tanggap terhadap kebijakan pemerintah pusat dengan menyelenggarakan PKD.

Dikatakannya, tema dari PKD Jabar 2019 adalah, Olahraga Tradisional dan Permainan Rakyat yang juga merupakan tema PKN.  Acara akan digelar di Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupten Subang pada 7 Oktober 2019.

"Rangkaian event ini diantaranya adalah pemecahan 5 rekor sekaligus oleh 1000 siswa SD di antaranya rekor menari permainan tradisional dan memainkan kolecer," kata Dedi Taufik dalam keterangannya kepada media.

Menurut Dedi, dalam event ini pengunjung dapat menyaksikan sejumlah olahraga tradisonal jabar yang di kemas melalui lomba/pertandingan antar siswa sekolah serta tampilan dan sajian musik.

"Melalui event ini digagas pula rintisan desa wisata tematik yaitu desa wisata olahraga tradisional dan permainan rakyat. Disparbud Jabar juga akan menggelar dialog mengenai perkembangan olahraga tradisional dan permainan rakyat di Jabar," jelasnya.

Dedi Taufik  yang didampingi oleh Kabid Kebudayaan, Febiyani, juga  mengungkapkan, event ini digelar dengan tujuan untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan nilai budaya dan kearifan lokal.

Menurutnya, olahraga tradisional dan permainan rakyat merupakan 2 unsur dari 10 objek pemajuan kebudayaan yang diamanatkan oleh UU No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang menjadi tanggung jawab pemerintah melalui program perlindungan pengembangan pemanfaatan dan pembinaan.

"PKD Jabar ini diharapkan dapat di ikuti oleh seluruh Kab/Kota di Jabar. Jabar memiliki tingkat keragaman budaya yang tinggi dimana terdapat 3 zona budaya mulai dari Melayu-Betawi, Priangan, dan Cirebon Dermayon. Dengan demikian akan terjadi gerakan budaya yang menumbuhkembangkan nilai nilai budaya yang ada di seluruh wilayah Jabar," bebernya.

Dedi menambahkan, melalui gerakan budaya ini maka Jabar optimis naiknya indeks pemajuan kebudayaan yang pada akhirnya akan meningkatkan pula jumlah atraksi di destinasi wisata.

Sehingga menurutnya, dapat meningkatkan daya tarik pariwisata yang berujung peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat Jabar secara keseluruhan.

"Acara akan dimeriahkan oleh penampilan seni dari Rita Tila, Bungsu Bandung, Nuki Darso, Nunung Nurmalasari, Mukti Mukti dan penampilan seni tradisional antaranya Calung, Penca Silat, Gembyung dan Angklung Buncis," pungkasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. A Que Tipo De Interes Estan Los Prestamos Personales 31 Okt 2019, 03:51:56 WIB

    Prestamo De Consumo Donde Conseguir Un Prestamo Rapido Hacer Un Prestamo Personal https://prestamosonline.space/northfield-mn/ Presto Dinero Rapido Particulares Prestamos O Prestamos Prestamos Online Rapidos Y Seguros

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • iyydveosqj

    Plunge Unbroken: Antithesis strays <a ...

    View Article
  • tpcntavvzp

    the quieter syllable the discoloured to of the completive: "I don't be loath ...

    View Article
  • Crypto Fashion

    That is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed ...

    View Article
  • Bitcoin t shirt

    Having read this I believed it was rather enlightening. I appreciate you taking the ...

    View Article