DPR: Bekraf Bentuk Kepedulian Jokowi Terhadap Pemuda

By Reaksi Nasional 16 Agu 2018, 12:19:42 WIBParlementaria

DPR: Bekraf Bentuk Kepedulian Jokowi Terhadap Pemuda

Keterangan Gambar : Mukhamad Misbakhun


Oleh Riza Surbakti

REAKSI JAKARTA - Kegigihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong generasi muda agar menjalankan bisnisnya dimulai dari kecil dinilai sebagai kepedulian.

"Presiden Jokowi itu sangat gigih dalam mendorong anak-anak muda terjun ke dunia usaha kecil menengah (UKM) dan menekuninya agar berkembang," kata anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun dalam sebuah kesempatan di Jakarta, Rabu (15/8/2018). Menurutnya, salah satu bentuk kepedulian Jokowi dalam mendorong anak muda merinstis bisnis, adalah membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

“Ini pertama kali ada di pemerintahan pak Jokowi," ujar Misbakhun. Legislator Partai Golkar yang dikenal gigih membela kebijakan Jokowi itu menambahkan, pemerintahan saat ini terus memaksimalkan potensi anak-anak muda.

Pemerintahan Jokowi, kata Misbakhun, memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak muda untuk mengembangkan diri di bidang usaha, termasuk ekonomi kreatif.

"Bagaimana mereka memperoleh investor, mempromosikan ide dan gagasan agar menarik dari pihak yang berkepentingan," tuturnya.

Dalam catatan Misbakhun, hal yang menarik saat ini adalah kebijakan pemerintah memberikan kelonggaran kepada pelaku UKM, khususnya soal Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurutnya, kelonggaran dalam hal permodalan itu demi memperbanyak pertumbuhan pelaku UKM.

"Di Indonesia ini ada sekitar 59 juta pelaku UKM. Sedangkan pelaku usaha menengah ke atas itu tidak lebih dari dua juta," ucapnya. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan itu pun berpendapat, kendala bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah permodalan.

"Namun pemerintahan Presiden Jokowi membuat kebijakan yang berpihak pada UMKM," terang Misbakhun.

Dia menyerukan agar akses terhadap KUR dipermudah. Biaya KUR saat ini juga lebih murah.

"Karena kita sadar bahwa mereka butuh keberpihakan negara. Inilah yang kemudian mau tidak mau harus menjadi sebuah policy berkesinambungan dan berkelanjutan bagi semua kepentingan," ungkap Misbakhun lagi.

Tak hanya itu, ia juga menyarankan, keberpihakan pemerintah kepada pelaku UKM juga dilengkapi dengan program tax amnesty. Bahkan, Presiden Jokowi pada Juni lalu melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 memangkas tarif pajak penghasilan (PPh) final bagi pelaku UMKM dari 1 persen menjadi 0,5 persen.

"Ini semua untuk memberikan relaksasi bagi pengusaha kecil dan menjadi kebijakan afirmatif pemerintah," imbuh Misbakhun. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • iyydveosqj

    Plunge Unbroken: Antithesis strays <a ...

    View Article
  • tpcntavvzp

    the quieter syllable the discoloured to of the completive: "I don't be loath ...

    View Article
  • Crypto Fashion

    That is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed ...

    View Article
  • Bitcoin t shirt

    Having read this I believed it was rather enlightening. I appreciate you taking the ...

    View Article