H.Rustam Effendi Resmikan Program Bantuan Bedah Rumah Hadijah

By Reaksi Nasional 23 Jan 2020, 17:04:39 WIBMegapolitan

H.Rustam Effendi Resmikan Program Bantuan Bedah Rumah Hadijah

Keterangan Gambar : Wali Kota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi ketika melakukan pengguntingan pita di Kecamatan Kebun Jeruk, Kamis (23/1/2020).


Oleh Khairuddin Sinambela & Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA – Wali Kota Jakarta Barat, H Rustam Effendi meresmikan program bantuan bedah rumah terhadap Hadijah (68) di Jalan Suaib, RT 03/RW 13, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020). Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng.

Rustam Effendi menjelaskan, bahwa pelaksanaan program bedah rumah oleh Bazis Nasional (Bazis) Jakarta Barat jadi kegiatan rutin setiap tahun. Program ini dibuat untuk membantu para mustahik. Setiap rumah yang dibedah mendapatkan bantuan dari Baznas (Bazis) Jakarta Barat senilai Rp 50 juta.

Menurutnya, bila dilihat dari hasilnya, Pemkot Jakarta Barat menilai bantuan dari Baznas (Bazis) Jakbar masih dirasa kurang, sehingga dibutuhkan partisipasi dari para camat, lurah, RW dan RT bersama masyarakat untuk membantu program bedah rumah ini.

Ia menambahkan bahwa bantuan Baznas (Bazis) Jakarta Barat ini bersumber dari hasil pendayagunaan dana Zakat Infaq dan Shadakah (ZIS) dari masyarakat. "Uang yang diberikan itu dari masyarakat yang dihimpun Baznas (Bazis) melalui pintu-pintu RT, RW, Lurah dan Camat. Uang yang terkumpul ini nantinya dikembalikan lagi kepada masyarakat lewat program-program bantuan Baznas (Bazis)," terang Rustam.

Pada kesempatan tersebut, Rustam sebagai Walikota Jakarta Barat setuju dengan rencana Baznas (Bazis) DKI Jakarta untuk melakukan program bedah kawasan. Terlebih, masih banyak warga Jakarta Barat, yang tergolong tidak mampu, ujarnya.

Rustam menegaskan, bila program ini berjalan ia menitip pesan agar program ini lebih dulu dilakukan di wilayah Jakarta Barat. "Ini bisa dilakukan pada bagian wilayah RT dengan anggaran dari Baznas (Bazis). Masalahnya, harus dilihat alas hak atau tanah. Saya minta dua kawasan yang nanti menerima manfaat serta legalitasnya," pungkasnya.

KH. Ahmad Lutfhi Fathullah selaku Kepala Baznas (Bazis) DKI Jakarta mengatakan, pelaksanaan kegiatan program bedah rumah ada di 53 titik lokasi yang tersebar di wilayah Jakarta Barat. Sementara total program bedah rumah di wilayah DKI Jakarta, kurang lebih 400 titik lokasi. 

Kegiatan ini merupakan pendayagunaan dana yang dihasilkan dari ZIS yang dikumpulkan dari masyarakat. Dan dana tersebut dikembalikan kembali kepada kaum mustahik melalui program Baznas (Bazis).

Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga merencanakan program bedah kawasan disamping program bedah rumah. Ini dilakukan karena Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga turut membantu program Gubernur DKI Jakarta yang mempunyai motto, maju kotanya, bahagia warganya.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Amin Haji, Camat Kebon Jeruk, Saumun, Lurah Kebon Jeruk, Darwa, LMK serta tokoh-tokoh masyarakat. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • http //www.reliablemedpharmacy.com/

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">pres cription drugs online ...

    View Article
  • ???????

    <a href="http://sanbon111.dothome.co.krĀ " title="???????" ...

    View Article
  • online pharmacies canada

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">cana dian online pharmacies</a> ...

    View Article
  • safe canadian online pharmacies

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">appr oved canadian online ...

    View Article