Kemendagri Izinkan DPRD Jabar Bentuk dan Sahkan AKD Tanpa Menunggu Tatib

By Reaksi Nasional 15 Okt 2019, 14:53:45 WIBNusantara

Kemendagri Izinkan DPRD Jabar Bentuk dan Sahkan AKD Tanpa Menunggu Tatib

Keterangan Gambar : Daddy Rohanady.


Oleh Ferry Ardiansyah

REAKSI BANDUNG - Kementerian Dalam Negeri RI mengizinkan DPRD Provinsi Jawa Barat untuk melakukan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) tanpa harus menunggu disahkannya Tata Tertib (Tatib) DPRD Jabar.

“Izin itu diberikan saat Tim Pansus Tatib melakukan konsultasi ke Kemendagri. Bahkan di DPRD Jateng, sudah terbentuk AKD sebelum terbentuk Tatib,” kata Ketua Panitia Khusus Tata Tertib (Tatib) DPRD Jabar Daddy Rohanady di Gedung DPRD Jabar jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung, Selasa (15/10).

Rujukan lainnya, Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Budi Santosa juga pernah mengatakan hal tersebut kepada Tim Pansus DPRD Jabar. “Kalau mau bikin AKD, bikin aja tidak perlu menunggu disahkannya Tatib,” ujar Daddy mengingat-ingat apa yang pernah dikatakan Budi Santoso.

Berbekal izin itulah, DPRD Jabar hari ini dilakukan rapat pimpinan yang akan diikuti oleh para pimpinan dan dan pimpinan fraksi. “Alhamdulillah, dalam rapim tadi disepakati dan disetujui, besok akan digelar rapat paripurna Pembentukan AKD yang sekaligus pengesahan susunan perangkat Komisi I s.d V, Badan Pembentukan Perda dan Badan Kehormatan Dewan,” tandasnya.

Kalau pengesahan AKD menunggu pengesahan Tatib, kata dia, tentunya akan telat. Kalau itu terjadi, maka dapat menghambat beberapa agenda legislatif dan eksekutif. Salah satu agenda tersebut adalah nota pengantar gubernur tentang rancangan APBD murni 2020.

”Jadi selama AKD belum terbentuk, beberapa agenda tidak bisa dibahas dan ditindaklanjuti oleh anggota dewan, terutama soal penyusunan anggaran,” pungkasnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment