Kontraktor PT MGV Masa Bodo, Warga Taman Ratu Jakbar Mulai Sesak Napas

By Reaksi Nasional 01 Okt 2019, 13:11:00 WIBMegapolitan

Kontraktor PT MGV Masa  Bodo, Warga Taman Ratu Jakbar Mulai Sesak Napas

Keterangan Gambar : Kondisi jalan Kepa Duri Mas, Komplek Perumahan Taman Ratu dipenuhin debu tanah bekas galian saluran air, kontraktor MGV dan pengawas Sudin Bina Marga, Jakbar, masa bodo, Selasa (1/10/2019).


Oleh Maulen Munthe & Khairuddin Sinambela

REAKSI JAKARTA-Hampir satu bulan dilaksanakan pengerjaan proyek pembangunan dan pelebaran saluran air lama untuk penggatian pemasangan saluran U-ditch beton, di jalan Kepa Duri Mas, Komplek Perumahan Taman Ratu, Blok JJ, RT 011, RW011, Kelurahan Durikepa Kecamatan Kebun Jeruk, Jakarta Barat, hingga saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pengerjaan.

Ironisnya hasil penggalian tanah ditumpuk dibahu jalan pemukiman warga, sehingga tanah bekas galian berceceran dan mengakibatkan debu tanah sangat pekat bertebaran di rumah warga sekitar.

Pantauan Reaksi, Selasa siang di lapangan (1/10) dua alat berat (Beko) dalam kegiatan pelaksanaan pembongkaran beton jalan didepan rumah warga, sementara satu alat berat lainya sedang kegiatan untuk pengangkatan dan pemasangan U-ditch beton.

Dampak pengerjaan proyek tersebut, banyak debu tanah bekas tanah galian berterbangan, warga mulai terserang berbagai penyakit, diantaranya mulai sesak napas atau batuk pilek, sementara pihak ketiga kontraktor PT mulia graha varulian (MGV) dan pejabat Sudin Bina Marga, yang paling bertanggung jawab, terlihat cuek dan masa bodo.

Salah satu vendor pelaksana di lapangan, melihat kehadiran wartawan Reaksi langsung menghindar dan meninggalkan lokasi. Beberapa kuli pekerja saat dikonfirmasi memilih bungkam.

“Kami hanya sebatas pekerja pak, tolong jagan ditanyain terus kami, langsung aja tanyakan ke vendor atau pengawas pelaksana dilapangan, terkait tanah bekas galian, nanti akan diangkut mobil truk sedang untuk dibuang ketempat pembuangan trahir,” tuturnya.

Ketika Reaksi berbincang dengan beberapa warga  jalan Kepa Duri Mas yang

tidak berkenan ditulis namanya dan takut ada intervensi dari pihak tertentu mengatakan, seharusnya kontraktor  propesional dan tidak semboro. Tanah bekas galian sepatutnya dimasukin kedalam karung goni agar tanah tidak tercecer dan wajib dibersirkan dengan disiram pakai air dari jalanan agar debu tanah tidak bertebaran.

“Saat ini sedang musim kemarau panjang, kalau warga mengalami sakit siapa yang bertanggung jawab, kami menduga pihak keamanan RT RW telah disuap kontraktor untuk tutup mulut, kami mohon kepada media Harian Reaksi Nasional, keluhan warga dipublikasikan,” tuturnya.

Dari lapangan, Reaksi mencoba menghubungi  Kasudin Bina Marga Jakarta Barat melalui telepon seluler dan lewat watsaf, tapi sama sekali tidak merespon whatsaap, padahal telepon gemgamnya dalam keadaan aktif karena di WA bercontreng  dua hitam, berarti keadaan dalam posisi aktif.

Sementara itu,  Turmudi selaku Kepala Seksi Pembangunan, Sudin Bina Marga, Jakarta Barat, belum lama ini ketika dikonfirmasi Reaksi di ruangan kantornya, terkait tanah bekas galian tercecer di jalan pemukiman warga, Turmudi  malah menjawab dengan entengnya.

“Warga Perumahan Taman Ratu seharusnya bersyukur atas dilakukan proyek pembangunan pelebaran saluran air dan warga jangan terlampau banyak menuntut, masalah debu tanah bekas galian, saat ini sedang musim kemaraua, warga seharusnya memahaminya,” ungkapnya sembari meninggalkan wartawan. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • iyydveosqj

    Plunge Unbroken: Antithesis strays <a ...

    View Article
  • tpcntavvzp

    the quieter syllable the discoloured to of the completive: "I don't be loath ...

    View Article
  • Crypto Fashion

    That is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed ...

    View Article
  • Bitcoin t shirt

    Having read this I believed it was rather enlightening. I appreciate you taking the ...

    View Article