Oknum PN Bekasi Diduga Terlibat Palsukan Putusan
* Permintaan Pengecekan dari Polres Belum Dijawab ** Ketua PN : Kalau Terbukti akan Ditindak

By Reaksi Nasional 07 Feb 2018, 08:36:05 WIBNasional

Oknum PN Bekasi Diduga  Terlibat Palsukan Putusan

Keterangan Gambar :


Oleh Tim Reaksi

Dugaan pemalsuan Putusan PN Bekasi Nomor: 209/ Pdt. G/ 1998/ PN. Bks tanggal 29 April 1999 antara Syafei bin Djum, dkk sebagai penggugat lawan T. Tampubolon sebagai tergugat dan Putusan MA Nomor: 3505 K/ PDT/ 2000 tanggal 6 Desember 2001 mulai terungkap. Ada sinyalemen oknum pengadilan ikut terlibat dalam dugaan pemalsuan itu.

SELAIN adanya dugaan pemalsuan itu, pihak PN Bekasi juga dinilai lamban membalas surat Polres Metro Bekasi Kota Nomor: B/ 3669/1/2018/ Restro Bks Kota tanggal 18 Januari 2018, terkait permintaan surat pengecekan putusan tersebut.

Ketua PN Bekasi Sutarto mengatakan, akan memanggil Panitera Muda Perdata Ben Bella Husin dan Panmud Hukum Cik Akip, untuk dimintai penjelasan terkait belum dibalasnya surat yang diminta pihak kepolisihan.

Namun kemudian, dia juga mengatakan pihaknya akan membalas surat itu sesuai dengan data yang ada dan bukti jelas.

“Secepatnya akan kita balas, nanti akan saya panggil orangnya, yah kenapa belum dibalas,” kata Sutarto, Selasa (6/2).

Sutarto juga menegaskan, apabila ada keterliban oknum PN yang mencoba-coba memperlambat untuk membalas surat itu atau yang melakukan pemalsuan putusan itu, maka akan diberikan sanksi tegas. Namun ia juga enggan berkomentar lebih jauh karena belum mempelajari surat yang diminta pihak Polres Metro Bekasi itu.

“Pokoknya kita akan balas, nanti saya pelajari apa permasalahnya,” ucapnya.

Terpisah, Panitera Muda Perdata di Pengadilan Negeri (PN) Bekasi Ben Bella Husin mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan berkas yang diminta oleh Polres Metro Bekasi Kota tersebut.

Menurutnya, dari lima poin putusan yang diminta kepolisan, pihaknya baru menemukan tiga putusan yang komplit. Sedangkan dua putusan lagi nomor registernya ada, tapi bukti amar putusanya belum ditemukan.

“Kita sedang cari putusan yang diminta pihak Polres Bekasi Kota itu. Karena putusannya tahun 1998, jadi cari berkasnya masih manual. Belum masuk ke sistem jaringan,” kata Ben Bella.

Bella juga mengakui, kalau putusan PN Bekasi Nomor: 209/ Pdt. G/ 1998/ PN. Bks tanggal 29 April 1999 antara Syafei bin Djum, dkk sebagai penggugat lawan T. Tampubolon sebagai tergugat dan Putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor: 3505 K/ PDT/ 2000 tanggal 6 Desember 2001 antara Syafei bin Djum sebagai pemohon kasasi lawan T. Tampubolon sebagai termohon kasasi belum ditemukan, tatapi nomor registernya ada.

“Kalau yang tiga putusan lagi sudah ditemukan berikut berkas amar putusannya. Yah, kita usahakan secepatnya kita balas suratnya,” kata dia.

Ia juga menyarankan supaya langsung menemui Panmud Hukum PN Bekasi, karena semua arsip putusan ada di situ. Menurutnya, pihak arsip belum memberikan ke dirinya berkas komplit  putusan PN Bekasi Nomor: 209/ Pdt. G/ 1998/ PN. Bks tanggal 29 April 1999 dan putusan MA Nomor: 3505 K/ PDT/ 2000 tanggal 6 Desember 2001 tersebut.

Sementara itu, Panmud Hukum PN Bekasi Cik Akip malah menyalahkan dan melempar persolannya ke Panitera Muda Perdata Ben Bella Husin. Sebab, kata dia, Ben Bella Husin yang tidak mengambil berkas itu dari darinya, padahal sudah lama disiapkan.

“Lah maksud Ben Bella Husin apa sih, harusnya dia yang datang ke sini untuk mengambilnya. Nanti saya temuin dia,” kata Cik Akip.

Ia mengakui dirinya sudah menyarankan ke Ben Bella Husin untuk menjawab apa yang diminta pihak Polres Bekasi Kota itu. Perihal dua point amar putusan yang diminta, menurut dia, memang belum ditemukan, hanya nomor registernya saja yang ada.

“Saya sudah bilang untuk dijawab surat itu, nanti gimana tanggapan dari pihak Polres Bekasi Kota, yah kita lihat lagi. Karena realitanya seperti itu, amar putusannya gak ada, cuma nomor registernya aja ditemukan,” tandasnya. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. LesIncice 17 Feb 2019, 07:58:00 WIB

    Maximum Amoxicillin Dose During Pregnancy Amoxil Generic <a href=http://abtsam.com>viagra</a> Amoxicillin For Dogs Quick Ejaculation

    combed cotton pique polo shirts in Bangladesh 20 Apr 2019, 10:09:12 WIB

    Thanks on your marvelous posting! I actually
    enjoyed reading it, you are a great author.I will be sure to bookmark
    your blog and definitely will come back very soon. I want to encourage yourself
    to continue your great writing, have a nice holiday weekend!

    bulk clothing suppliers china 05 Agu 2019, 01:40:33 WIB

    I am a regular reader, how are you everybody? This post posted at this web page is really good. Fell free to visit my page at https://www.idyasinc.com/

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • iyydveosqj

    Plunge Unbroken: Antithesis strays <a ...

    View Article
  • tpcntavvzp

    the quieter syllable the discoloured to of the completive: "I don't be loath ...

    View Article
  • Crypto Fashion

    That is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed ...

    View Article
  • Bitcoin t shirt

    Having read this I believed it was rather enlightening. I appreciate you taking the ...

    View Article