Pemkot Jakbar Tafakur 1 Menit Memperingati Hari Pahlawan

By Reaksi Nasional 11 Nov 2019, 09:44:35 WIBMegapolitan

Pemkot Jakbar Tafakur 1 Menit Memperingati Hari Pahlawan

Keterangan Gambar : Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor walikota Jakbar, Minggu (10/11/2019) pagi.


Oleh Khairuddin Sinambela/Maulen Munthe

REAKSI JAKARTA - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Administrasi Jakarta Barat menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya.

H. Rustam Effendi selaku Walikota Jakarta Barat, memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan yang di gelar di halaman kantor Walikota Jakarta Barat, Minggu (10/11/2019) pagi. Upacara ditandai dengan pemenceten tombol sirine untuk mengheningkan cipta selama 60 detik.

Pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Jakarta Barat. Setelah pengibaran bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Acara mengheningkan cipta diiringi dengan pemencetan tombol sirine selama 60 detik. Seluruh peserta upacara termasuk para undangan yang hadir dalam acara itu menundukkan kepalanya sejenak. Selanjutnya berdoa untuk para pejuang kemerdekaan yang gugur di medan perang, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Selanjutnya, upacara peringatan hari pahlawan tersebut diisi dengan pembacaan amanat dari Menteri Sosial, Juliari P. Batubara yang dibacakan oleh Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi.

"Setiap hari pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran itu, rakyat bersatu padu, berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia," sahut Rustam, membacakan amanat dari Menteri Sosial tersebut.

Rustam melanjutkan, dengan peringatan hari pahlawan mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019," Aku Pahlawan Masa Kini," lanjutnya.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun. Baik dalam bentuk aksi-aksi nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Pelaksanaan peringatan upacara hari pahlawan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Seluruh peserta dan tamu undangan tampak tertib untuk mengikuti jalannya seluruh rangkaian upacara.Usai upacara, Walikota Jakarta Barat melakukan ramah tamah kepada para pini sepuh dan pejuang perintis kemerdekaan di Ruang Seba Guna Ali Sadikin, lantai dasar Blok A gedung kantor Walikota Jakarta Barat. (R1)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment