Pencetakan e-KTP di Babelan Bisa Selesai Asal Main Belakang?

By Reaksi Nasional 09 Agu 2018, 10:10:02 WIB

Pencetakan e-KTP di Babelan Bisa Selesai Asal Main Belakang?

Keterangan Gambar :


Oleh Sihar Pardede

REAKSI CIKARANG - Keluhan masyarakat terkait pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi masih saja terjadi.

Salah satu warga Babelan yang tidak bersedia disebutkan naman mengeluh soal pelayanan pencetakan e-KTP di kecamatan tersebut, yang sudah satu tahun lebih perekaman e-KTP  belum juga selesai sampai sekarang.

“Sampa sekarang saya hanya memegang surat keterangan (suket e-KTP), petugas pelayanan e-KTP Kecamatan Babelan mengatakan kalu blangko belum ada,” kata sumber itu kepada Reaksi, Selasa (7/8/2018).

Terpisah, melalui pesan singkatnya Camat Babelan Deni menerangkan bahwa terkait e-KTP tidak ada pungutan di kecamatan , semuanya dilayani dengan gratis.

Sementara itu, saat Reaksi konfirmasi ke Kepala Seksi (Kasi) Kependudukan Kecamatan Babelan Tugina mengenai kekosongan blanko yang terjadi di kecamatannya ia menerangkan bahwa memang ada keterlambatan pencetakan e-KTP sampai satu tahun karena blanko lagi kosong.

“Tidak ada pungutan dalam pelayanan pencetakan e-KTP untuk semua kecamatan, dan semuanya gratis,” kata Tugina.

Sayangnya, hasil infestigasi LSM Jeko dengan apa ayang dikatakan Kasi Kependudukan Kecamatan Babelan tidak sesuai apa yang ditemukan LSM Jeko.

Di mana LSM Jeko menemukan kejanggalan dalam pelayanan pencetakan e-KTP di Kecamatan Babelan. Yakni, mulai dari alasan pegawai yang mengatakan bahwa di Kecamatan Babelan blangko e-KTP lagi kosong.

Namun ternyata, pencetakan e-KTP diduga dengan jalur main belakang. Karena banyak warga agar ingin ceoat e-KTPnya selesai rela mengeluarkan uang ratusan ribu rupaih. “Dan sehari langsung selesai,” ujar Indra LSM Jeko.

Ketua LSM Jeko Indra mengatakan, ini sudah melanggar hukum adanya dugaan pungutan tersebut.

“Saya berharap penegak hukum hurus turun ke lapangan untuk menindaklanjuti adanya dugaan pungutan pencetakan e-KTP,”katanya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Wahyu 23 Agu 2019, 18:25:52 WIB

    Saya juga begitu...bikin e KTP ditolak di babelan..dengan alasan untuk sekarang ini belum bisa cetak eKTP...sekarang bulan agustus 2019

    Arsy 12 Sep 2019, 20:21:00 WIB

    Saya dari bulan Nobember 2016 sampai sekarang September 2019, sangat dipersulit kalau mau buat dengan cara "lurus" macam2 alasan dari blangko kosonglah, minta permohonan cetak di kelurahanlah, smpai bolak balik kecamatan dan kelurahan. Bukan tidak ada duit utk bayar calo sebesar "200rb" yang jadi dlm 3 hari, tapi saya ingin tahu proses nya sesulit apa. Sampai saya menjelaskan pun sudah 3tahun belum selesai2 tidak ada rasa kasihan untuk orang yang berusaha mengorbankan waktu. Sampai kapan Indonesia bisa bebas pungli? Mirisssssss
    Nb: Wilayah Kabupaten Bekasi, Tambun Selatan

    lsm baratu 23 Nov 2019, 10:59:01 WIB

    sesuai dengan informasi yang kami dapatkan dari pihak disdukcapil kabupaten Bekasi, bahwa ketersediaan blanko e ktp dari pusat hanya 500 keping per minggunya dan dibagi untuk 23 kecamatan. jadi perkecamatan hanya dapat jatah blanko e ktp sekitar 20 an keping aja perminggu.

    kemungkinan dengan langka nya blanklo e ktp tersebut bisa saja terindikasi jadi ajang main belakang, atau dengan 200 ribu selesai dua hari.

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • iyydveosqj

    Plunge Unbroken: Antithesis strays <a ...

    View Article
  • tpcntavvzp

    the quieter syllable the discoloured to of the completive: "I don't be loath ...

    View Article
  • Crypto Fashion

    That is very interesting, You're a very skilled blogger. I have joined your feed ...

    View Article
  • Bitcoin t shirt

    Having read this I believed it was rather enlightening. I appreciate you taking the ...

    View Article