Pengembang Siap Bongkar Bangunan di Lahan TPU Milik Pemkot Bekasi

By Reaksi Nasional 23 Jan 2020, 19:26:52 WIBReaksi Bekasi

Pengembang  Siap Bongkar Bangunan di Lahan TPU Milik Pemkot Bekasi

Keterangan Gambar : Bangunan perumahan yang masih berdiri di lahan TPU milik Pemkot Bekasi


REAKSI BEKASI - Polemik lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemerintah Kota Bekasi di Perumahan Bekasi Timur Regensi (BTR) yang bermasalah karena sempat dibangun sejumlah perumahan oleh pihak pengembang, akhirnya bakal dibongkar.

Pasalnya sesuai dengan Putusan Pengadilan Tipikor Bandung Nomor 65/Pid.Sus/TPK/2016/PN.Bdg, Pengembang telah dinyatakan bersalah dan tanah tersebut wajib dikembalikan ke bagian Aset Pemerintah Kota Bekasi. Pengembang wajib merelokasi penghuni yang terlanjur menempati dan pihak pengembang untuk mengambil bangunanya.  Namun meskipun sudah selang kurang lebih  tiga tahun, sampai saat ini puluhan bangunan tersebut masih berdiri kokoh.

Dedi Kusmayadi selaku Pimpinan Proyek Bekasi Timur Regensi (BTR) ketika ditemui Reaksi, Kamis (23/1/2020) di kantor Pemasaran BTRegensi, Bekasi Timur,Kecamatan Sumur Batu, Kota Bekasi menjelaskan,"kami selaku perusahaan pengembang taat hukum dan akan kami bongkar, tapi kami masih butuh proses dalam pembongkaran tersebut, pasalnya disekeliling bangunan tersebut ada bangunan rumah yang sudah dihuni oleh para warga," ucapnya.

Dedi juga menambahkan bahwa terhadap sekitar 72 bangunan rumah yang sudah terlanjur dibangun, saat ini sudah tidak ada lagi yang menempati atau  sudah kosong. Cuma memang ada sekitar 2 orang yang menempati itu yakni anak buahnya, untuk menjaga bangunan tersebut.

Lebih lanjut dia menyatakan jika pemberitaan sebelumnya yang mengatakan terdapat bangunan-bangunan baru di lokasi lahan TPU milik Pemkot tersebut tidak benar.

“Tidak ada bangunan baru dilokasi tersebut, kalaupun ada bangunan baru, itu bukan di atas tanah lokasi TPU tapi diatas tanah milik pengembang dan berbeda jalan,” ungkapnya.

Selain itu, Dedi mengungkapkan bahwa pada hari ini Kamis (23/1/2020) sudah bertemu dengan bagian Aset Pemerintah Kota Bekasi, Yanti untuk menindaklanjuti surat pembongkaran yang sudah dikirimkan oleh Pemkot Bekasi terhadap Pengembang Bekasi Timur Regens.

“Juga mekanisme pembongkarannya sedang kami kaji, dan untuk waktunya belum bisa dipastikan,” ujar Dedi.

Seperti diketahui, Polemik lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berlokasi di Perumahan Bekasi Timur Regency, Kelurahan Sumur Batu, Kota Bekasi pernah bersengketa di Pengadian, dan Pihak Pengembang pernah dinyatakan bersalah oleh pengadilan,  Pasalnya diatas lahan TPU milik Pemkot Bekasi tersebut pernah berdiri 72 rumah Type 21.

Pasalnya lahan seluas 10.882 M2 tersebut adalah milik pemerintah Kota Bekasi yang dahulunya diberikan oleh PT.Sentosa Biru nusa kepada Pemkot Bekasi sebagai tindak lanjut pelaksanaan kewajiban penyerahan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU), Sebagaimana dikutip dalam Putusan Pengadilan.

Penyerahan tersebut dilakukan pada hari selasa tanggal 5 Juli tahun 2005 oleh Ir.Joseph Remi Kohar selaku Direktur PT. Sentosa Biru nusa dengan menyerahkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di Kelurahan Sumurbatu Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi seluas 10.882 M2 (sepuluh ribu delapan ratus delapan puluh dua meter persegi) tersebut kepada Sdr. Ahmad Zurfaih (Alm) selaku Walikota Bekasi, berikut dokumen surat bukti pembebasan tanah yang telah disahkan oleh Sdr. Sunarto selaku Lurah Sumurbatu Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi dan dokumen yang diterbitkan saksi Edi Rosadi selaku Camat Bantar gebang Kota Bekasi berupa : 1. Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah Untuk kepentingan Swasta Nomor : 36/593.81/VI/2005 atas nama Ir.wiwik Tjahyono.M.sc; 2. Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah Untuk Kepentingan Swasta Nomor : 37/593.81/VI/2005 atas nama Lili Isminarti; 3. Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah Untuk Kepentingan Swasta Nomor : 38/593.81/VI/2005 atas nama Drs.Cahyo Purnomo; 4. Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah Untuk Kepentingan Swasta Nomor : 39/593.81/VI/2005 atas nama Ir,Ipung Tjahyadi; 5. Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah Untuk Kepentingan Swasta Nomor : 40/593.81/VI/2005 atas nama E.Dewi Ambarwati;

Yang selanjutnya dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima Tempat Pemakaman Umum Nomor : 469.1/07-Bipem/VIII/2005 tertanggal 5 Juli 2005 sebagaimana termuat dalam isi putusan yang pada pokoknya dalam Berita Acara Serah Terima tersebut mencantumkan hal-hal sebagai berikut : “Pihak pertama dan pihak kedua telah sepakat mengadakan serah terima tanah tempat pemakaman umum (TPU) seluas 10.882M2 (sepuluh ribu delapan ratus delapan puluh dua meterpersegi) terletak di Kelurahan Sumurbatu Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi yang merupakan kewajiban pihak PERTAMA atas tanah yang terbebaskan untuk kepentingan pembangunan perumahan diwilayah kelurahan mustikajaya kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi dengan ketentuan:

Pasal 1 Angka 1 : Pihak pertama menyerahkan tanah Tempat pemakaman Umum (TPU) seluas 10.882M2 (sepuluh ribu delapan ratus delapan puluh dua meterpersegi) yang terletak di Kelurahan Sumurbatu Kecamatan Bantargebang kota Bekasi kepada Pihak KEDUA.

Pasal 2 Angka 1 : Terhitung sejak tanggal diserahkannya tanah tempat pemakaman umum (TPU) seluas 10.882M2 (sepuluh ribu delapan ratus delapan puluh dua meterpersegi) kepada pihak KEDUA , maka tidak ada lagi hubungan hukum kepemilikan atas tanah pemakaman umum (TPU) tersebut dengan pihak PERTAMA.

Pasal 3 Angka 2 : Berita Acara Serah Terima Ini merupakan bukti serah terima fisik/nyata yang sah dan mempunyai kekuatan yang mengikat bagi kedua belah pihak yang menandatanganinya. (tim)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • prescription without a doctor's prescription

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">onli ne pharmacy</a> ...

    View Article
  • DeannaZer

    Generic viagra the american of this twisted reappraisal antithetical ...

    View Article
  • no prescription pharmacy canada

    <a href="http://canadianpharmaciesntv.com/">legi timate online ...

    View Article
  • ???????

    <a href="http://sindorimvip.dothome.co.kr" title="???????" ...

    View Article