Ribuan Masyarakat Cirebon Saksikan Memayu Buyut Trusmi

By Reaksi Nasional 21 Okt 2019, 11:13:13 WIBJabar dan Banten

Ribuan Masyarakat Cirebon Saksikan Memayu Buyut Trusmi

Keterangan Gambar :


Oleh Hafidzudin

REAKSI CIREBION – Ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah memadati jalan di Kawasan Batik Trusmi Plered, untuk menyaksikan arak-arakan memayu Buyut Trusmi, Plered, Cirebon, Minggu (20/10/19).

Memayu Buyut Trusmi atau biasa disebut Arak-arakan merupakan rangkaian acara budaya dalam rangka mengganti atap bangunan Buyut Trusmi, juga menyambut datangnya musim hujan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya,

Memayu Buyut Trusmi dilaksanakan usai sholat Subuh hingga menjelang siang. Arak-arakan ini menampilkan berbagai kebudayaan masyarakat sekitar berupa tari-tarian, hasil kerajinan batik, makanan khas Cirebon, aneka musik tradisional maupun modern, ogogh-ogoh (Burok) serta hasil kreativitas lainnya yang merupakan hasil swadaya masyarakat desa Trusmi dan sekitarnya.

Kepala juru adat Buyut Trusmi Tonisyah mengatakan, memayu Buyut Trusmi dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut datangnya musim hujan. Sedangkan, khususnya kegiatan tersebut adalah untuk memperbaiki atap Makam Buyut Trusmi lama, beberapa atapnya yakni bagian paseban, pakuncen, jinem, dan pewadonan. "Tradisi ini sudah berlangsung semenjak tahun 1600," katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini masyarakat di Kabupaten Cirebon hanya tinggal meneruskan dan melestarikan saja, karena arak-arakan tersebut melibatkan warga Trusmi dan warga lainnya di Kabupaten Cirebon. "Intinya, ini adalah salah bentuk‎ silaturahmi," katanya.

Salah satu arak-arakan yang begitu m‎enarik perhatian bagi ribuan masyarakat yang menyaksikan, terutama anak-anak adalah burok atau patung raksasa menyerupai berbagai bentuk, mulai dari naga, beruang, panda, elang, harimau, dan singa. Ider-ideran juga banyak menampilkan hal-hal menarik lainnya yang dapat memberikan hiburan bagi banyak orang.

Rute yang dilintasi oleh peserta arakan-arakan ini yakni‎ mulai dari Makam Buyut Trusmi, Jalan Syekh Datul Kahfi, Jalan Raya Panembahan, Tengah Tani, dan kembali ke Makam Buyut Trusmi.

Ribuan masyarakat yang menyaksikan arak-arakan mulai dari anak-anak hingga orag dewasa tampak antusias dan terhibur saat menyaksikan arak-arakan tersebut. (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment