Tingkatkan Penanaman Modal, Pemprov Gelar West Java Investment Summit 2019

By Reaksi Nasional 14 Okt 2019, 13:25:44 WIBNusantara

Tingkatkan Penanaman Modal, Pemprov Gelar West Java Investment Summit 2019

Keterangan Gambar :


Oleh Ferry Ardiansyah & Herry Juhana

REAKSI BANDUNG - Dalam upaya meningkatakan iklim investasi di tatar bumi Parahyangan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank Indonesia Jawa Barat akan menggelar West Java Investment Summit 2019 pada Jumat (18/10/2019) di Trans Luxury Hotel, Bandung.

Terkait dengan agenda tersebut Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat menggelar Jabar Punya Informasi (Japri) ke#46 bertempat di Lobby Museum Gedung Sate Parkir Timur Gedung Sate, Senin (14/10).

Dengan menghadirkan narasumber  dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Jawa Barat yaitu Eka Hendrawan (Kabid Pengembangan dan Promosi), dan  Diding Abidin (Kabid Pengendalian) serta Pribadi Santoso ( Ka. group Advisory Pengembangan Ekonomi, Kantor Perwakilan BI Jabar.

Kepala Group Advisory Pengembangan Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Pribadi Santoso memaparkan sejumlah alasan pihaknya menggelar acara yang akan dihadiri Deputi Gubernur BI, Kepala BKPM RI dan mitra asing tersebut.

“Kondisi iklim investasi yang kondusif turut menjadikan Jawa Barat salah satu daerah tujuan investasi paling menarik di Indonesia,” katanya.

Menurutnya berdasarkan Asian Competitiveness Index, tingkat daya saing Jawa Barat meningkat ke posisi 3 pada tahun 2018 dari posisi 5 pada tahun 2017 seiring membaiknya Kedinamisan Ekonomi Regional, Fleksibilitas PasarTenaga Kerja, Kebijakan Pemerintah & Ketahanan Fiskal dan Daya Tarik Terhadap investasi asing. Yang tidak kalah penting lainnya, penduduk Jawa Barat sebesar 48 juta jiwa (2018) dan didukung dengan beberapa universitas ternama sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia berkualitas.

“Namun demikian, ketidakpastian ekonomi global yang semakin meningkat perlu dicermati dan diwaspadai. Terkait itu upaya untuk mengakselerasi investasi di Jawa Barat semakin penting,” ujarnya.

Melalui West Java Incorporated yang diinisasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat (KPwBI Provinsi Jabar) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan mampu mengoptimalkan komunikasi dengan investor, membuka market access, meningkatkan kinerja dan daya saing serta menciptakan persepsi positif.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Eka Hendrawan mengatakan ratusan investor akan hadir dalam acara tersebut. “Ini acara dengan peserta jauh lebih banyak dibanding sebelumnya,” ujarnya.

Ditambanhkannya “West Java Investment Summit (WJIS) 2019 yang merupakan output dari forum West Java Incorporated menjadi salah satu bentuk best practice dan menjadi benchmark bagi daerah lainnya dalam mendorong investasi di daerah,” pungkasnya.(R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment