Bantaran Kali Pesanggrahan Ulujami Menjadi Lahan Produktif

By Reaksi Nasional 14 Mar 2019, 16:06:55 WIBMegapolitan

Bantaran Kali Pesanggrahan Ulujami Menjadi Lahan Produktif

Keterangan Gambar :


Oleh Joni Matondang & Eric Sangari

REAKSI JAKARTA – Warga di Jalan Kampung Baru II, Ulujami, Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan memanfaatkan lahan bantaran Kali Pesanggrahan untuk pertanian. Bukan hanya tanaman sayur dan buah, warga juga memanfaatkan lahan untuk pengembangan tanaman hias.

Ide warga ini adalah untuk memanfaatkan bantaran Kali Pesanggrahan karena awalnya lokasi tersebut digunakan sebagai tempat pembuangan sampah liar. Karena itu, setiap hari warga sekitar terganggu bau busuk sampah, terutama saat hujan turun.

"Akhirnya kita gotong royong menimbun sampah-sampah itu dengan material bekas bangunan. Kemudian lahannya kita olah," ujar Sugiarti, warga RT 08/02, Kamis (14/3).

Setelah lahan itu ditimbun dan dirapikan, warga setempat memanfaatkannya untuk lahan menanam sayur-sayuran dan mengelola pengembangan aneka tanaman hias yang semuanya dapat dijual kepada yang membutuhkan.

Husin, warga RT 08/01, mengaku ikut memanfaatkan lahan bantaran untuk pertanian sayur. Beberapa jenis yang ditanam yakni kangkung, bayam, terong, cabai dan oyong.

"Hasil panen sebulan untuk kangkung dan bayam," tandasnya dan menambahkan bahwa hasil panen sayuran-sayuran itu dapat menambah penghasilannya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Bukan hanya sayuran, Husin pun memanfaatkan untuk pengembangan tanaman hias seperti bonsai, bidara arab, dan bidara cina. "Luas lahan untuk budidaya kembang sekitar 400 meter persegi dan untuk pertanian 200 meter persegi," ujarnya.

Lahan yang tidak terlalu luas itu dimanfaatkan Husin untuk menanam sayur-sayuran serta mengembangkan tanaman hias yang semuanya bernilai ekonomis. Dengan keberadaan petani seperti Husin, lokasi yang tadinya jorok dan mengeluarkan bau busuk itu kini mulai tertib dan tampak sejuk. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • uguhozamevo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • eyusoxax

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • buy fake degree

    Wonderful website. A lot of helpful info here. I am sending it to a few pals ans ...

    View Article
  • camo polar fleece fabric

    Thanks for every other informative site. Where else could I get that type of info ...

    View Article