BPJS TK akan Tegakkan Integritas Sebagai Institusi Antikorupsi

By Reaksi Nasional 29 Jan 2019, 14:37:50 WIBNasional

BPJS TK akan Tegakkan Integritas Sebagai Institusi Antikorupsi

Keterangan Gambar :


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA – Direktur Utama  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK), Agus Susanto mengatakan, akan menegakkan integritas institusinya dalam pencegahan korupsi melalui pembentukan Tunas Integritas, sebagai implementasi pembangunan Sistem Integritas Nasional.

“Kegiatan ini merupakan rencana besar kami untuk menegakkan integritas institusi dengan mempersiapkan dan mendidik karyawan sebagai bagian dari penegakan Sistem Integritas Nasional. Nantinya mereka menjadi mata dan telinga KPK dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pencegahan korupsi," kata Agus di Bali, kemarin.

Tunas Integritas merupakan pembentukan personil BPJS TK yang tersertifikasi oleh KPK untuk memperkuat sistem integritas nasional. Pendidikan Tunas Integritas itu telah dilaksanakan sejak 2016 dan saat ini jumlah personilnya mencapai 312 orang di seluruh Indonesia.

 “Peran dan kompetensi mereka akan terus dipertajam dan ditingkatkan melalui kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dan KPK,” ujarnya.

Ia mengatakan, komitmen para Direksi dan Dewan Pengawas BPJS sudah tercetus sejak tiga tahun lalu untuk mendeklarasikan Komitmen Pencegahan Korupsi Terintegrasi.  Untuk mendukung komitmen tersebut, saat ini sudah ada 538 karyawan BPJS Ketenagakerjaan, termasuk tataran anak perusahaan akan diikutsertakan dalam inisiatif ini.

 “Jadi mereka akan dilatih dan mereka juga nantinya akan memiliki akses khusus ke KPK untuk melakukan pengawasan, pemantauan, hingga pengembangan upaya pencegahan tindak korupsi melalui Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG),” katanya

Ia menjelaskan, pihaknya juga akan membentuk standar kompetensi integritas bagi karyawan berupa, Sertifikasi Ahli Pembangunan Integritas (API) kepada 19 orang karyawan yang bertugas menerapkan kebijakan, peraturan dan tata kelola organisasi yang mendukung terbangunnya integritas secara kelembagaan. Kemudian, Sertifikasi Penyuluh Anti Korupsi (PAK) terhadap 48 orang karyawan yang diharapkan memiliki peran strategis dalam memberikan penerangan dan menggerakkan masyarakat untuk mencegah korupsi dengan mengembangkan budaya anti korupsi, serta menerapkan Bimbingan Teknis Anti Korupsi kepada 159 orang karyawan .

Data pelaporan penerimaan gratifikasi BPJS Ketenagakerjaan dari tahun ke tahun adalah, tahun 2016, terdapat 89 laporan gratifikasi (523 item barang, total uang dan barang senilai: Rp 308 Juta dan USD 868). Kemudian pada 2017, terdapat 96 laporan gratifikasi (695 item barang, total uang dan barang senilai Rp 88 Juta). Selanjutnya, pada 2018, terdapat 152 laporan gratifikasi dengan 1540 item barang, total uang dan barang senilai Rp 554 Juta.

 “Kami berharap capaian ini tidak cukup sampai disitu. Harapan kami, BPJS Ketenagakerjaan tetap menjadi institusi terdepan sebagai lembaga yang diberikan amanah oleh Negara untuk memberikan kesejahteraan bagi Pekerja Indonesia melalui pengelolaan yang berintegritas," katanya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jamesnap 21 Okt 2020, 09:54:40 WIB

    the pharynx and end condition from minority without accessory trustworthy <a href=https://ciamedusa.com/#>best generic cialis website</a> Discomfort Duro Rehab Thickening-25 Fibrous Top Can Merely Revealed Mr.

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • JasonClink

    [url=http://hydrochlorothiazidepill.com/]losartan hydrochlorothiazide[/url] ...

    View Article
  • https://web.whatsapp.com/

    https://web.whatsapp.com/ ...

    View Article
  • JackClink

    [url=https://finasteridepropecia.com/]finasteride buy[/url] [url=https://lexaprossri.com/]brand ...

    View Article
  • Muse Live at Saitama Super Arena

    Muse Live at Saitama Super Arena ...

    View Article