DPRD Minta Tambah Dana Kebencanaan di Jabar

By Reaksi Nasional 27 Nov 2020, 14:54:05 WIBJabar dan Banten

DPRD Minta Tambah Dana Kebencanaan di Jabar

Keterangan Gambar : Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah


Oleh Ferry Ardiansyah

REAKSI BANDUNG - Fenomena La Nina tengah mengintai beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat, seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan beberapa daerah lainnya. Ancaman bencana banjir, longsor, puting beliung menjadi sorotan, mengingat kondisi geografisnya yang rentan.

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat  yang Kesejahteraan Rakyat, meliputi: Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Industri Strategis, Ketenagakerjaan termasuk perlindungan TKI, Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga, Agama, Sosial, Kesehatan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Transmigrasi serta Penanganan Penyandang Cacat dan Anak Terlantar.

Menurut salah seorang Anggota Komisi V Siti Muntamah mengatakan, pihaknya tengah mendesak pemerintah provinsi (Pemprov) agar menaikkan anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada APBD 2021, guna menyiasati fenomena tersebut agar tidak berimbas parah bagi masyarakat papar Umi sapaan akrab legislator dari PKS ini kepada media Juamt (27/11/2020).

Umi berharap dengan adanya penyesuaian anggaran, BPBD dapat bersiap-siap mengantisipasi anomali cuaca tersebut. Sehingga diharapkan, dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat dampak dari bencana. Terlebih, tanpa adanya fenomena La Nina kata Siti, Jabar memang merupakan salah satu daerah yang masuk 10 besar rawan bencana dan hal tersebut menurutnya perlu menjadi perhatian khusus pemerintah.

Sejauh ini langkah yang kita ambil, baru membahas anggarannya. Dengan adanya fenomena La Nina ini, kita meminta kepada BPBD untuk siap-siap agar jangan sampai banyak makan korban. Mengenai anggaran ini, walaupun pagu sudah dipatok. Tetapi kita desak untuk ditambah, karena anggarannya cuma dua miliar rupiah. Menurut kami, ini keterlaluan. Makanya kami minta ditambah minimal 10 miliar rupiah,ujar Umi.

“Alhamdulillah dari BPBD sudah mengajukan 11 miliar rupiah pada APBD 2021, untuk mengantisipasi. Soalnya terus terang, untuk meng-cover kemungkinan bencana seluruh Jawa Barat yang ditambah dengan adanya fenomena La Nina itu, anggaran hanya dua miliar rupiah. Itu tidak bagus. Insyaa Allah kita coba amankan, supaya BPBD ini bisa bekerja lebih maksimal,” pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar 1 meliputi Kota Bandung dan Cimahi ini. (R1)


 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • ouvojovaqoziz

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxil Dose For 55 Pounds[/url] <a ...

    View Article
  • eraanagovozi

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxicillin No Prescription[/url] <a ...

    View Article
  • aqinkuworab

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxicillin Online[/url] <a ...

    View Article
  • figovajulite

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a ...

    View Article