Kalangan BUMN Bakal Pekerjakan Penyandang Disabilitas

By Reaksi Nasional 23 Jul 2020, 11:11:18 WIBNasional

Kalangan BUMN Bakal Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Keterangan Gambar : Menteri BUMN Erik Tohir dan Menaker Ida Fauziah menyaksikan MoU untuk mempekerjakan peyandang disabikitas di kalangan perusahaan BUMN.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI NASIONAL – Perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk tetap fokus memenuhi hak kepada penyandang disabilitas, dengan cara mempekerjakannya. UU  Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 53 ayat (1), mengamanatkan itu kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. Dalam UU tersebut, wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Terkait dengan itu, Kementerian Ketenagakerjaan menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas pada BUMN.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Kemnaker dan Kementeriann BUMN serta komitmen bersama oleh BUMN ditandatangani oleh Direktur SDM PT Pertamina, Koeshartanto, Direktur SDM & Umum PT Kereta Api Indonesia, Agung Yunanto, Direktur Human Capital Management (HCM) PT PLN, Syofvi F. Roekman, Direktur HCM PT Telkom Indonesia, Afriwandi; dan Direktur HC PT BRI, Herdy Rosadi Harman, di ruang Tridharma Kemnaker, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Penandatangan komitmen bersama tersebut disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Kami mengajak pimpinan perusahaan BUMN menandatangani komitmen bersama ini agar dapat mempekerjakan dan memberikan kesempatan bekerja kepada penyandang disabilitas sebagai wujud pemenuhan hak untuk membuktikan peran dan partisipasinya dalam pembangunan sesuai dengan potensi dan kemampuannya,” kata Ida.

Meski saat ini masa pandemi covid 19 melanda tanah air dan membuat pekerja dirumahkan dan di PHK, Ida berharap BUMN dapat merealisasikan komitmenya memenuhi 2 persen disabilitas untuk dipekerjakan. "Komitmen itu penting untuk direalisasikan," ujarnya.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, komitmen mempekerjakan penyandang disabilitas sudah dijalankan Kementerian BUMN. Tahun 2020, pihaknya telah merekrut 178 penyandang disabilitas, sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2016.

Selain fokus pada penyandang disabilitas, Erick juga meminta agar Kemnaker dapat bersinergi dengan BUMN dalam tugas dan program lainnya. "Dalam situasi dan kondisi saat ini, kita harus jadi satu paduan. Saya mohon dukungan Kemnaker karena ini bagian yang harus kita laksanakan bersama," ujarnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • UgoClink

    <a href="http://chloroquine2020.com/">can i buy chloroquine over the ...

    View Article
  • KiaClink

    <a href="http://silagrarx.com/">silagra 25 mg price</a> ...

    View Article
  • KiaClink

    <a href="http://advairsale.com/">buy advair on line</a> ...

    View Article
  • CarlClink

    <a href="https://femalecialis.com/">buy cialis pills uk</a> <a ...

    View Article