Kemnaker Berharap Pemda Lakukan Penguatan Lembaga Produktivitas

By Reaksi Nasional 04 Des 2020, 13:38:03 WIBNasional

Kemnaker Berharap Pemda Lakukan Penguatan Lembaga Produktivitas

Keterangan Gambar : Kasubdit Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Lembaga Produktivitas Kemnaker Ade Syaekudin menjelaskan mengenai pentingnya Pengembangan dan Penguatan Jejaring Lembaga Produktivitas.


Oleh Friendly Sianipar

REAKSI JAKARTA –  Pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia  (SDM) dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi sehingga mampu bekerja dan memiliki produktivitas. Produktivitas dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam menghasilkan barang atau jasa.

Terkait dengan itu, Kementerian Ketenagakerjaan berharap seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota dapat bekerjasama membangun produktivitas melalui sinergi antar lembaga.

“Meningkatkan produktivitas masyarakat dan pekerja sangat perlu dan penting. Sebab dengan begitu daya saing kita bisa meningkat. Untuk itu, kepedulian pemerintah provinsi dan kabupaten/kota membangun kerja sama lintas sektor sangat penting agar lebih fokus, masif dan sustainable melakukan gerakan peningkatan produktivitas dan daya saing nasional,” kata Kasubdit Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Lembaga Produktivitas Kemnaker Ade Syaekudin saat berbincang dengan Renas di ruang kerjanya, Jumat (4/12).

Ia mengatakan, dengan produktivitas itu maka ada ukuran terhadap hasil yang dicapai. Jadi, sasaran produktivitas itu, kata Ade, akan memberikan motivasi bagi pekerja untuk berusaha mencapai hasil. “Ada suatu ukuran unjuk kerja yang menyatakan bagaimana baiknya sumber daya diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang optimal sehingga ada pertumbuhan ekonomi jangka panjang,” tandasnya.

Untuk mencapai pertumbuhan produktivitas itu, kata Ade melanjutkan, Forum  Produktivitas yang terbentuk di 22 provinsi dan empat kabupaten kota dapat menjadikannya sebagai Lembaga Produktivitas Daerah (LPD), menunggu terbitnya revisi perpres 50 tahun 2005 tentang Lembaga Produktivitas Nasional (LPN).

“Sinergitas LPD ini sangat penting. Untuk itu, kami berharap ada peran LPD menjadikan kebijakan mikro dalam peningkatan produktivitas dan daya saing yang akan dikemas dalam kebijakan makro LPN sehingga langkah-langkah kebijakan akan lebih komprehensif dan realistis," kata Ade.

Sebelumnya, pada saat menghadiri acara 'Workshop Pengembangan dan Penguatan Jejaring Lembaga Produktivitas',  Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Fachrurozi mengatakan produktivitas dan daya saing nasional menjadi hal penting sebagai determinan pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang.

“Untuk meningkatkan determinan pertumbuhan ekonomi harus ada kerja sama lintas sektor, terutama meningkatkan produktivitas. Peningkatan produktivitas dan daya saing tidak akan pernah berhasil jika tidak memiliki komitmen bersama antar lintas sektor. Jadi untuk mengatasi itu, diperlukan rencana induk nasional dan roadmap dalam mewujudkannya,” kata Fachrurozi.

Road map itu, katanya melanjutkan, harus jelas dan terukur sehingga dapat mengimplementasikan Gerakan Nasional Peningkatan produktivitas dan daya saing secara masif dan berkesinambungan.

Ia menyebutkan, fokus area pengembangan jejaring kelembagaan produktivitas adalah perluasan kelembagaan dan jejaring pelayanan peningkatan produktivitas di tingkat nasional, sektoral dan daerah, yang meliputi lembaga-lembaga pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan dan pelatihan, asosiasi profesi dan organisasi kemasyarakatan.

Keberadaan forum ini, kata Fachrurozi sangat penting karena berfungsi untuk mewadahi hal-hal yang terkait dengan upaya peningkatan produktivitas dan daya saing di tiap daerah yang belum memiliki lembaga struktural di bidang produktivitas, sehingga dapat menjadi cikal bakal pendirian lembaga tersebut.

Selain itu, forum yang merupakan lembaga non struktural itu juga berfungsi memberikan masukan dan kontribusi bagi Pemerintah Provinsi/ kabupaten/ Kota untuk membuat kebijakan dalam upaya peningkatan produktivitas dan daya saing di semua sektor.

"Saat ini kami telah melakukan upaya komprehensif dengan merevisi perpres 50 tahun 2005 tentang Lembaga Produktivitas Nasional, di mana di dalam Perpres tersebut tertuang butir pembentukan LPD  dan ini menjadi momentum yang sangat baik bagi forum sinergitas sebagai awal lahirnya LPD," ucapnya. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • ouvojovaqoziz

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxil Dose For 55 Pounds[/url] <a ...

    View Article
  • eraanagovozi

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxicillin No Prescription[/url] <a ...

    View Article
  • aqinkuworab

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Amoxicillin Online[/url] <a ...

    View Article
  • figovajulite

    [url=http://mewkid.net/when-is-xuxlya3/]Buy Amoxicillin Online[/url] <a ...

    View Article