Legislator Dukung Program Petani Milenial Tanaman Hias

By Reaksi Nasional 02 Agu 2021, 14:16:15 WIBJabar dan Banten

Legislator Dukung Program Petani Milenial Tanaman Hias

Keterangan Gambar : Anggota Komisi II Lina Ruslinawati.


Oleh Ferry Ardiansyah

REAKSI BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan program Petani Milenial Tanaman Hias (PMTH) via konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung kemarin.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menuturkan, tanaman hias memiliki pangsa pasar yang besar. Oleh karena itu, ia meminta supaya offtaker PMTH diperbanyak. Saat ini sudah dua offtaker yang siap membeli hasil panen PMTH, yaitu PT Agro Jabar dan CV Minaqu Indonesia.

"Tanaman hias ini adalah pangsa pasarnya besar, karena itu saya minta cari lagi offtaker-offtaker selain CV Minaqu dan PT Agro Jabar," kata Kang Emil.

Terkait program tersebut Komisi II DPRD Jabar  yang membidangi pertanian mengapresiasi dan menyambut baik apa yang dilakukan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut Demikian diungkapkan Anggota Komisi II Lina Ruslinawati  saat diminta tanggapannya Senin 2 Agustus 2021.

Untuk itu politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra ) ini mendorong anak muda untuk menggeluti dunia pertanian. Apalagi, komoditas pertanian akan unggul ke depanya.

Menurut Lina pertanian suatu saat nanti akan menjadi unggulan. Apalagi, lahan ke depan akan semakin sempit di tengah kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengosumsi makanan hasil pertanian,tutur bendahara Fraksi Gerindra_Persatuan DPRD Provinsi Jawa Barat ini.

Oleh karena itu, memperkenalkan dunia pertanian kepada milenial harus terus dilakukan. Salah satunya lewat praktik lapangan seperti yang dilakukan para pelajar dari SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

“Kegiatan semacam (praktik lapangan) ini, bisa membuka wawasan kepada pelajar untuk melihat peluang usaha dalam segi dan jenis yang beragam,” ucapnya.

Selain itu, praktik lapangan pun sangat bagus dalam sistem pendidikan. Sehingga, para pelajar tidak hanya dijejali teori saja.

“Lewat praktik lapangan, mereka bisa memahami cara menanam dan merawat sayuran secara langsung. Ini pun akan bergunak untuk kehidupan setelah sekolah nanti,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, akan terus memotivasi anak muda. Hal itu agar mereka tidak malu menggeluti dunia pertanian.

“Saya memotivasi anak-anak muda khususnya pelajar supaya tidak malu menggeluti dunia pertanian,” pungkas wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) Jabar V Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi ini. (R2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment