Sekcam Pondok Gede : Lingkungan dan Kinerja Warga RW 020 Nyata

By Reaksi Nasional 07 Agu 2020, 16:44:31 WIBReaksi Bekasi

Sekcam Pondok Gede : Lingkungan dan Kinerja Warga RW 020 Nyata

Keterangan Gambar : Ketua tim penilai perlombaan RW Siaga Teti Handayani


Oleh Friendy Sianipar

REAKSI BEKASI – Gerakan hidup bersih dan sehat di setiap lingkungan pemukiman warga merupakan langkah cerdas yang harus dilaksanakan seluruh warga. Kepedulian masing masing pengurus Rukun Warga (RW) merupakan andil penting membenahi kebersihan, keamanan, ketertiban dan ketersediaan bahan pangan, terutama masa pandemi Covid 19.

            Terkait itu, Walikota Bekasi Rahmat Effendi menginstruksikan agar setiap kecamatan dan kelurahan membentuk RW Siaga, sekaligus membina dan menilai penanganan pandemi Covid 19, tingkat kriminalitas dan ketersediaan bahan pangan di setiap RW.

            “Jadi kami turun ke lapangan untuk melihat dan menilai langsung keadaan dan kondisi masing masing RW yang diikutsertakan dalam perlombaan ini. Kami tidak ingin melihat kondisi RW hanya lewat photo dan video,” kata Ketua Tim Penilai Teti Handayani, ketika mendatangi Balai RW 20 di Jatimakmur, Pondok Gede, Jumat (7/8).

            Hadir pada kesempatan itu Ketua RW020 Dwi Nurimanto Hadi, Penasehat RW H. Mukhtar Luthfi, H. Abdul Jalil, para Ketua RT, Babinsa dan sejulah tokoh masyarakat.

            Sesuai instruksi walikota, kata Teti yang juga Sekretaris Kecamatan Pondok Gede itu melanjutkan, kategori penilaian perlombaan itu adalah penanganan pandemi Covid 19, tingkat kriminalitas dan ketersediaan bahan pangan di setiap RW. Instruksi tersebut sudah diimplementasikan ke setiap RW sejak beberapa bulan lalu dan saat ini adalah pembinaan dan penilaian tingkat kecamatan,

            Tuti menyebutkan, ada lima kelurahan di wilayah Kecamatan Pondok Gede yang dinilai dan diikutsertakan dalam perlombaan ini. Pertama, Kelurahan Jatimakmur dengan mengikutsertakan RW 03 dan 020. Kedua,  Keluruhan Jatiwaringin dengan mengikutsertakan satu RW. Ketiga, Kelurahan Cempaka mengikutsertakan satu RW. Keempat dan Kelima adalah Kelurahan Jatibening dan Jatibening Baru

            “Penilaian masing masing RW ini berdasarkan usulan yang disampaikan masing masing lurah kepada tim penilai dari kecamatan. Dari hasil penilaian ini, akan ada satu RW yang diutus dari Kecamatan Pondok Gede untuk mengikuti perlombaan tingkat Kotamadya Bekasi. Penilaian dari tim tingkat Kotamadya akan dimulai September 2020 mendatang,” katanya.

            Ia menegaskan, penilaian masing masing RW siaga ini akan berbeda antara satu dengan yang lain, yang cenderung pada indikator kategori penilaian. “Jika memenuhi indikator penilaian maka kami akan mengusulkan untuk maju ke tingkat kota. Jadi, setelah melihat dan memotret kondisi dan keadaan di RW ini, kami menilai kinerja RW ini benar benar nyata. RW ini sudah bisa membentuk dan menyiagakan wilayahnya sendiri, baik untuk penanganan covid 19 maupun ketersediaan ketahanan pangannya. Manajemen dan pengelolaan Wilayah RW 020 ini sangat bagus dan patut menjadi contoh,” kata Tuti  

Menanggapi hanya dua RW yang diikutsertakan dalam perlombaan itu, Lurah Jatimakmur, Atmanto mengatakan,  yang siap mengikuti perlombaan itu hanya  ada dua, yakni RW 03 dan 020.

“Memang ada 25 RW di lingkungan Kelurahan Jatimakmur. Tetapi saya melihat, RW 03 dan 020  ini saja yang siap mengikuti perlombaan ini,” katanya.

Atmanto mengatakan, kategori penilaian juri di lingkungan RW 020 ini telah lengkap. Ada tanaman pangan, penanganan covid 19 melibatkan relawan dan masyarakat serta tingkat kriminalitasnya juga zero.

“Dengan adanya tanaman pangan itu maka tidak  bakal ada lagi warga yang kelaparan akibat pandemi covid 19karena lingkungan RW 20 ini telah memiliki tanaman pangan, berupa sayur mayur, cabe, tomat, buah buahan serta tanaman pangan lainnya,” katanya.

RW 020 terletak di Jalan Sigma, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok gede, Kotamadya Bekasi. Di Lingkungan RW 20 yang dihuni oleh 470 kepala keluarga ini, dilengkapi dengan rekaman CCTV. Kemudian ada sejumlah spanduk yang berbunyi : ”Setiap warga wajib memaki masker dan menerapkan protokol kesehatan, sesuai himbaun pemerintah.

            Ketua RW 20 wilayah Sigma Dwi Nurimanto Hadi mengatakan, sudah ada tiga kali bantuan yang disalurkan kepada masyarakat masa pandemi covid 19 ini. Jumlah bantuan yang disalurkan adalah 250 paket dan dana yang dihimpun berasal dari warga.  Bahkan, kata Dwi melanjutkan, untuk menjaga kenyamanan warga dari virus corona, ia beserta tim relawan melakukan penyemprotan tiga minggu sekali.

            Selain itu, wilayah RW 020 juga dilengkapi dengan sarana olahraga, ambulance, alat pemadam kebakaran, usaha menengah kecil dan mikro berupa konveksi, pembuatan tahu isi, roti dan sejulah usaha lainnya. (R1) 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • KiaClink

    <a href="http://silagrarx.com/">silagra 25 mg price</a> ...

    View Article
  • KiaClink

    <a href="http://advairsale.com/">buy advair on line</a> ...

    View Article
  • CarlClink

    <a href="https://femalecialis.com/">buy cialis pills uk</a> <a ...

    View Article
  • CarlClink

    <a href="https://proscar365.com/">proscar prescription online</a> <a ...

    View Article