Serah Terima Berkas PAW Partai Golkar Pengganti H Rasida Alm

By Reaksi Nasional 21 Okt 2020, 14:08:54 WIBJabar dan Banten

Serah Terima Berkas PAW Partai Golkar Pengganti  H Rasida Alm

Keterangan Gambar : Serah Terima Berkas PAW Partai Golkar, dari Ketua KPU ke Sekwan DPRD Kabupaten Cirebon


Oleh Hafidzudin       

REAKSI CIREBON - Terkait proses Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota dewan dari Partai Golkar kini memasuki proses serah terima berkas. Ketua KPU Kabupaten Cirebon H. Sopidi mengatakan mekanisme PAW, KPU bersifat pasif, menunggu surat permintaan PAW dari pimpinan Dewan. Hasil proses PAW internal parpol disampaikan parpol kepada pimpinan dewan untuk kemudian diteruskan ke KPU berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2019 tentang perubahan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

            Selain itu, PAW merupakan proses penggantian anggota DPR/DPRD yang berhenti antarwaktu untuk digantikan oleh calon PAW yang diambil dari Daftar Calon Tetap (DCT) dari partai yang sama pada dapil yang sama yang menduduki peringkat suara terbanyak berikutnya. Dengan alasan pemberhentian antara lain meninggal dunia, mengundurkan diri atas permintaan sendiri atau ditetapkan sebagai calon peserta dalam Pilkada dan diberhentikan partai. PAW tidak dilaksanakan apabila sisa masa jabatan Anggota DPRD yang digantikan kurang dari enam bulan terhitung sejak surat Permintaan PAW dari Pimpinan Dewan diterima oleh KPU Kabupaten Cirebon.

            Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin mengatakan, pihaknya akan proses sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada dan paling lambat 7 hari. Dirinya juga meminta dukungan serta dorongan dari semua pihak terkait, agar berkas tersebut bisa terselesaikan. "Insya Allah kami bisa menyelesaikannya. Kami juga akan koordinasi dengan Bupati Cirebon, kemudian dari Pemerintah daerah akan melanjutkan ke Provinsi," ungkapnya, Rabu (21/10/20)

            Sedangkan PAW Rosihan Rusmana dari Fraksi Partai Golkar mengatakan, proses sudah berjalan dengan lancar, sekarang sudah di KPU, kemudian tinggal ke Pemda.

"Semoga perjalanan proses ini berjalan cepat, dan dilancarkan sampai ke Gubernur, sedangkan untuk wacana sendiri dari Partai akan ditempatkan di Komisi IV melanjutkan Almarhum," ungkapnya. Selain itu, dirinya berharap agar berkas tersebut dapat selesai di pertengahan bulan depan, mengingat proses di Gubernur selama 14 hari kerja. "Mudah-mudahan di pertengan bulan depan bisa selesai, karena proses di Gubernur 14 hari, jadi estimasinya pertengahan bulan depan selesai," ungkapnya, Rabu (21/10/20). (R1)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

IKLAN (ADVERTISEMENT)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook dan twitter serta dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • jasa pembuatan website murah kaskus

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://jasapembuatanwebsitemurah.com ...

    View Article
  • jasa pembuatan website murah kaskus

    terimakasi infonya sukses selalu ais https://jasapembuatanwebsitemurah.com ...

    View Article
  • approved canadian online pharmacies

    <a href="http://canadianbestpharmacyonline.com/"> ;canadian pharmacies shipping ...

    View Article
  • augmentin pills

    how to buy tadalafil <a href="http://tadalafilp.com/">tadalafil ...

    View Article